Kamis, 28 Februari 2013

Tips Samarkan Goresan Tipis pada Cat Mobil

Adanya goresan tipis di bodi mobil terkadang membuat kurang enak untuk dipandang. Goresan pada cat mobil memang tak bisa dihindari ketika berkendaraan di Jakarta yang padat. Cara compound merupakan pilihan yang banyak dilakukan tapi cara tersebut mampu memudarkan cat mobil.
Jika kamu mengalami hal yang sama, maka ada cara baru dengan menggunakan obat yang berbeda. Saat ini sudah banyak diproduksi cairan yang mampu menyamarkan goresan tanpa memudarkan cat. Hal ini diungkapkan oleh Tjahja, pengelola toda yang memiliki gerai di Jakarta dan Serpong.
Dilansir dari kompas, berikut ini proses untuk menyamarkan goresan pada cat mobil:
1. Cuci mobil hingga bersih dengan sampo untuk mengangkat minyak yang menempel di permukaan cat. Keringkan dengan plas chamois.
2. Siapkan 2 lap bersih. Tuang cairan di goresan lalu gosok dengan kain lap. Diamkan beberapa menit lalu usap menggunakan lap yang bersih. Bukti bahwa obat tersebut bagus bisa dilihat pada kain yang sudah dipakai tidak ada lunturan cat saat menggunakan compound.
3. Lakukan hal sama pada bagian lain.
4. Untuk goresan yang agak lebar, lakukan berulang dengan memberikan sedikit tekanan. Jangan terlalu keras karena bisa membuat bodi penyok. Langkah serupa juga bisa dilakukan untuk menghilangkan cat mobil atau motor yang menempel saat bersenggolan. Namun Untuk luka yang cukup dalam (robek) tidak bisa dengan cara ini.

Rabu, 27 Februari 2013

Jangan Salah Pakai Freon AC!



Jangan Salah Pakai Freon AC!


Pernah punya pengalaman jelek dengan perangkat penyejuk udara (AC) mobil Anda? Bisa dibayangkan betapa menyebalkannya jika hembusan udara dingin dalam kabin mobil tiba-tiba berkurang drastis atau malah hilang, padahal Anda tengah terjebak dalam kemacetan lalu-lintas yang panas terik.
AC Mobil
Tapi lebih menyebalkan lagi jika pada malam hari ternyata hembusan AC malah lebih dingin dari biasanya. Anda mungkin langsung berkesimpulan bahwa sudah waktunya mengganti atau mengisi ulang gas freon AC. Namun banyak kasus memperlihatkan, setelah diisi ulang pun gejala serupa terjadi lagi dalam selang waktu singkat.
Lalu? Mengganti perangkat AC mobil dengan yang baru? Nanti dulu!
Menurut Agus Sukirman, mekanik bengkel spesialis AC di Bilangang Jatiwaringin, Jakarta Timur, kesalahan pemakaian jenis freon dan kebocoran selang karet seringkali menjadi penyebab AC tidak bekerja optimal.
"Indikasinya, AC tidak dingin di siang hari tapi malah berembus lebih dingin saat malam hari," tutur pria berperawakan kurus ini.
Untuk itu, lanjut Agus, diperlukan pendeteksian gas freon dengan sebuah alat yang disebut Refrigrant Gas Analyzer. Alat ini mampu mendeteksi secara akurat jenis freon yang sesuai rekomendasi pabrikan mobil.
Tapi sebelumnya Anda perlu mengetahui bahwa jenis freon yang beredar di pasaran terdiri dari dua jenis, yaitu R134a dan R12. "R134a dapat dijumpai pada mobil keluaran 1994 ke atas, sedangkan R12 dapat ditemukan pada mobil buatan tahun 1994 ke bawah," ungkap Agus.
Kesalahan pemakaian jenis freon inilah yang menyebabkan hembusan AC tidak dapat bekerja optimal. Efek negatif lainnya, dapat merusak selang karet AC sehingga timbul kebocoran pada selang.
Selang AC
Namun untuk mendeteksi kebocoran pada selang caranya mudah saja, yaitu dengan cara menekan-nekan selang tersebut. Apabila telah terasa lembek, berarti ada kebocoran pada selangnya. Sedangkan jenis freon yang digunakan dapat mudah kita ketahui di dinding ruang mesin., karena di tempat inilah tertera jenis freon yang menjadi standar dari pabrikan.
Masalah tak cuma melibatkan gas freon semata. Jenis oli kompresor yang tidak sesuai juga dapat membuat AC tidak berhembus dingin.Seperti halnya indikator jenis freon, oli yang digunakan dapat diketahui jenisnya ketika melongok ke dinding ruang mesin.
Kompresor AC Mobil
Jenis oli kompresor biasanya tergantung pada jenis freon yang digunakan. "Kalau oli tidak bagus, ini membuat kompresor AC cepat kotor, sehingga tidak bekerja maksimal lagi," terang Agus.
Memang banyak produk oli kompresor AC yang beredar di pasaran, namun haruslah memperhatikan oli yang cocok. Un tuk jenis freon R134a, misalnya, sebaiknya memakai produk buatan Nippon Denso ND-Oil 8 atau Emkarate RL 68S. Sedangkan oli kompresor untuk jenis freon R12, dapat menggunakan Suniso tipe 5 GS.
Oli Khusus Kompresor AC Mobil
Sekali lagi, perhatikan jenis oli kompresor mobil Anda. Jangan sampai terkecoh dengan jenis freon, oli kompresor, dan harga murah yang ditawarkan penjual. Lebih baik sedikit menguras kantong Anda, namun tak bakal kegerahan di dalam kabin. Selain itu, tentu saja komponen dan AC mobil Anda juga berumur panjang.

Selasa, 26 Februari 2013

TIPS BERKENDARA

Teknik Pengereman
Pengereman merupakan tindakan pencegahan terhadap benturan. Lakukan dengan cara yang benar. Ada beberapa teknik pengereman yang dikenal, yaitu Normal Braking (ease and squeeze), Threshold dan Pulse.
Bila kendaraan sudah dilengkapi ABS, Anda tinggal tekan pedal rem sekeras mungkin tanpa takut ban mengunci, mobilpun masih bisa dikendalikan.
Bila tak dilengkapi ABS, lakukan teknik Threshold, dimana Anda menginjak pedal sekeras mungkin tapi jangan sampai roda mengunci. Jika ban mengunci, kurangi injakan rem. Ingat, selalu jaga kekuatan injakan di titik kritis.
Dengan teknik Pulse, buatlah pulsa injakan rem dengan cara menendang keras pedal berulang kali sampai mobil berhenti. Semakin cepat dan kuat tendangan, makin cepat pula kendaraan berhenti. Cara ini efektif di jalan yang licin.
Perlu diperhatikan pula kondisi jalan saat melakukan pengereman. Jalan licin, jalan tanah atau jalan rusak, maupun jalan dengan polisi tidur membutuhkan teknik dan kemampuan pengereman yang sesuai.
Satu hal lagi, pengereman akan optimal bila Anda tidak panik!
Menembus Banjir
Banjir bukan halangan di jalan jika Anda bisa mengantisipasinya dengan tepat.
  1. Pastikan Anda hapal dengan rute jalan.
  2. Cermati genangan air. Bila setinggi setengah ban, keadaan masih normal.
  3. Lewati genangan secara perlahan.
  4. Jaga kecepatan secara konstan karena bisa membantu menciptakan gelombang haluan di sisi mobil sehingga ruang mesin aman, jangan menginjak pedal kopling (setengah kopling, pakai gigi rendah gigi 1) dengan rpm sekitar 1.500 atau 2.000 dan usahakan tidak berhenti ditengah-tengah.
  5. Hindari percikan air membasahi mesin dengan cara mematikan AC saat menerjang banjir.
  6. Bila sudah melewati genangan, jalan perlahan dan injak pedal rem setengah untuk mengeringkan kampas rem yang basah. Bila dibiarkan basah bisa berakibat rem blong.
Situasi Darurat
Siapapun tak bisa mengelak dari situasi darurat yang selalu datang tak terduga selama perjalanan. Berikut tips yang bisa Anda terapkan bergantung situasinya.
  1. Understar (moncong mobil tak mau belok di tikungan)
    Jangan banting stir. Kurangi putaran roda kemudi secara bertahap. Lalu kurangi tekanan pedal gas secara halus untuk mengembalikan titik berat kembali ke bagian depan mobil.
  2. Oversteer (bagian belakang terlempar menjauhi mulut tikungan)
    Hindari akselerasi atau deselerasi secara mendadak. Lakukan counter steer, lalu akselerasi secara halus dan bertahap.
  3. Rem blong
    Segera pompa pedal rem. Pindahkan perseneling ke gigi lebih rendah. Bila sistem rem gagal, gunakan rem tangan dengan tetap menahan tombol pengunci. Lalu pinggirkan ke tempat yang aman untuk berhenti.
  4. Pecah ban
    Kendalikan stir dengan pasti. Pindah perseneling ke gigi lebih rendah secara halus dan bertahap. Jangan injak rem. Saat mobil dapat dikendalikan, injak rem secara bertahap sampai berhenti total.
  5. Mesin mendadak mati
    Pinggirkan kendaraan ke tempat aman. Beri sinyal dan nyalakan lampu emergensi (hazard). Pasang segitiga pengaman, lalu panggil bantuan.
  6. Kebakaran di mobil
    Segera tepikan kendaraan di tempat aman, lalu keluar menjauh dari mobil. Bila api terlalu besar, jangan nekat memadamkan sendiri dengan air karena kurang efektif untuk kebakaran dari bahan bakar dan oli. Segera panggil bantuan.

Senin, 25 Februari 2013

Tips Merawat Mesin Mobil Pribadi


Tips Merawat Mesin Mobil Pribadi

Membersihkan dan merawat mesin bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke salon. Praktis, murah dan sama mengkilapnya dengan rawatan salon. Komponen-komponen pada mesin standar, seperti blok mesin, kabel busi dan ruang mesin yang meliputi bodi mesin, lapisan bawah kap mobil, silinder head hingga penutup saringan udara, perlu dibersihkan dan dirawat agar awet.
Sebetulnya, membersihkan mesin mobil hingga mengkilap dan 'fresh' dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus meluangkan waktu khusus pergi ke salon mobil. Caranya pun praktis, hanya dengan menggunakan bahan pembersih biasa yang mudah diperoleh, seperti engine degreaser, batu ijo dan sabun colek, compound, wax, dan lap.
Alat Pembersih Mobil
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti pada perangkat AC dan alternator. "Apabila alternator terkena air atau bahan kimia, bisa merusak kumparan yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan AC, bisa mengakibatkan perembesan yang akan merusak bagian piston AC," jelas Edwin Setiawan, pemilik salon mobil di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Cara membersihkannya mudah, mula-mula seluruh bagian mesin dilap dengan kain katun bersih, barulah lakukan pembersihan pada bagian-bagian tertentu.
Komponen pertama yang patut dibersihkan adalah blok mesin bagian bawah. caranya, oleskan larutan batu ijo yang sudah dicampur minyak tanah ke seluruh bagian blok, kemudian bersihkan dengan lap katun bersih.
Cara lainnya, blok mesin dibersihkan dengan engine degreaser, lalu dilapisi lagi dengan sabun colek untuk menghaluskan permukaan bodi blok mesin tersebut. Atau bisa juga dengan sikat halus yang sudah dilapisi sabun, kemudian digosokkan ke bagian blok mesin. Untuk bagian yang sulit terjangkau, cukup menggunakan kuas lukis atau kuas cat.
Cara Lain Bersihkan Mesin
Pada ruang dan bodi mesin, seperti silinder head, tutup karburator dan saringan udara, cukup dibersihkan dengan wax dan lap dapur berpori. Oleskan wax secara menyeluruh ke bagian-bagian bodi mesin, termasuk juga bagian bawah kap mesin. Sesudah itu, dibersihkan dengan lap dapur berpori, sehingga mengangkat seluruh kotoran sekaligus sebagai antigores.
Menurut Edwin, pembersihan ini mesti dilakukan minimal tiga bulan sekali. "Dalam waktu lebih kurang tiga bulan, mesin yang sudah dibersihkan biasanya sudah kotor kembali," tambahnya.

Sabtu, 23 Februari 2013

Tips Agar Cat Mobil Tetap Kemilau

Cat mobil adalah seperti baju, jika terlihat kemilau dan kinclong pasti terasa nyaman. Selain menjaga performa mesin dan keamanan kendaraan, tampilan eksterior juga sangatlah penting, karena bisa menjadi image diri kita sendiri. Berikut artikel tentang Tips Agar Cat Mobil Tetap Kemilau pada kendaraan Anda yang bisa di lakukan secara rutinitas dan berjangka.
Tips Agar Cat Mobil Tetap Kemilau
  • Hindari terkena sinar UV terlalu banyak. Sebisa mungkin parkir mobil Anda di tempat yang teduh. Bila memang akan meninggalkan mobil untuk waktu yang lama di tempat yang terkena sinar matahari, ada baiknya Anda menutupi mobil Anda dengan sarung mobil (car cover).
  • Cuci mobil Anda secara teratur. Lakukan pencucian mobil minimal dua minggu sekali untuk menghindari penumpukan polutan dan bahan kimia yang berbahaya lainnya.
  • Cuci mobil di tempat yang teduh. Hal ini bertujuan agar air pencuci tidak cepat mengering dan meninggalkan bekas pada cat.
  • Gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil dengan pH balance. Jangan gunakan sabun cuci piring karena akan mengikis lapisan (coating) cat.
  • Hindari mencuci dengan air panas. Mencuci body mobil dengan air panas akan merusak lapisan cat mobil.
  • Beri lapisan lilin (wax). Hal ini bertujuan untuk memberikan shine coating sekaligus melindungi lapisan cat dari sinar UV dan pollutan lainnya.
  • Lakukan waxing sekitar 2-3 bulan sekali. Ini dapat memberikan perlindungan ekstra bagi lapisan cat mobil Anda.
  • Segera perbaiki bagian cat mobil yang terkelupas atau retak-retak. Karena semakin lama ditunda, semakin berbahaya.

Jumat, 22 Februari 2013

Tips Membersihkan Karpet Mobil


 Ada dua jenis karpet mobil, yang pertama; terbuat dari bahan plastik, satu lagi terbuat dari bahan serat dicampur dengan bahan plastik. Namun, bahan karpet plastik atau campuran yang pembaca gunakan untuk menjadi alas mobil, tetap saja cara atau tips membersihkan karpet mobil yang baik adalah menggunakan vacuum cleaner.

Apabila kotoran dalam mobil nampak lebih banyak alias menumpuk pada permukaan karpet - terutama jika sangat sulit untuk dibersihkan, maka cara lain yang harus dilakukan adalah membersihkannya menggunakan shampoo atau sabun.

Tips Membersihkan Karpet Mobil - Kapan membersihkan karpet mobil sebaiknya dilakukan? Lakukanlah membersihkan karpet mobil bersamaan dengan saat mencuci mobil. Ingat, bila mobil sudah bersih - pasanglah karpet dengan memastikan bahwa karpet -terutama karpet yang berbahan serat- sudah benar-benar kering. Tujuannya, agar karpet tidak menimbulkan aroma bau di dalam kabin.

Apabila karpet terkena basah cairan semisal kopi, sirup atau susu, pembaca tidak usah panik ... Pembaca bisa membersihkannya dengan deterjen yang dicampur dengan air hangat. Caranya, bersihkanlah karpet dari bagian terluar kotoran sampai ke dalam, setelah itu bilas dengan air bersih dan jemur hingga karpet kering.

Kamis, 21 Februari 2013

Orang Inggris paling malas cuci mobil

Satu survei terbaru menyebutkan hampir delapan dari sepuluh orang Inggris malas mencuci mobilnya.

Sekitar 78 persen orang Inggris lebih memilih mobilnya dicuci orang lain dengan alasan hasil cuci orang lain akan sangat bersih.

Sekitar 90 persen responden wanita dan 69 responpen laki-laki lebih memilih membayar dan membiarkan orang lain mencuci mobilnya.  Sisanya, lebih memilih mencuci mobil sendiri sebagai aktivitas luang di akhir pekan.

Menurut survei sebuah perusahaan lising mobil Central Contacts, responden berusia antara 21 - 35 lebih suka membayar untuk mencuci mobil, demikian inautonews.

Alasan utama tidak mencuci mobil karena gaya hidup, bosan, sibuk dengan tugas mereka dan malas, adapun biaya yang dikeluarkan untuk cuci mobil sangat bervariasi antara 3 - 25 pounsterling (Rp45 ribu - Rp374 ribu).

"Saya terkejut melihat banyak orang yang tidak mencuci mobil mereka sendiri dan lebih memilih membayar orang lain untuk membersihkannya," kata seorang juru bicara Central Contracts.

Rabu, 20 Februari 2013

Kapan Waktunya Kuras Tangki Bensin Mobil?

Pengguna mobil di Indonesia sering kali mengabaikan pentingnnya perawatan tangki bensin. Kebanyakan pengguna mobil akan mengecek tangki bensinnya jika mobilnya sudah sedikit mengalami masalah. Itu salah besar, sebaiknya Anda jangan pernah meremehkan sesuatu hal yang kecil, karena dari hal kecil tersebut akan berpengaruh besar.

Tangki bensin pada mobil Anda harus dirawat secara berkala meski tidak pernah mengalami gangguan. Karena, setiap Anda mengisi bensin terutama untuk konsumen yang mengisi bahan bakar jenis bensin atau oktan rendah. Takutnya, tangki bensin mobil Anda banyak kotoran, seperti kerak, karat atau kadar air dan minyak yang dapat menyebabkan tersendatnya saluran bensin dari tangki ke mesin.

Ismail, kepala bengkel Hyundai, mengatakan ada baiknya setiap 20.000 km tangki bensin pada mobil Anda harus dibersihkan atau dikuras. Agar tidak mengalami gangguan atau bersih dari kotoran-kotoran yang menempel di tangki bensin.

"Sebenarnya tergantung konsumennya itu sendiri. Tapi ada baiknya setiap 20.000 km atau maksimal di 30.000 km, tangki bensin itu harus dibersihkan," terang Ismail

Ismail membeberkan, hal itu dilakukan untuk pencegahan. Agar tangki bensin mobil selalu terjaga dan terawat dengan baik. Bawa mobil Anda ke bengkel terdekat atau dimana Anda biasa pergi ke bengkel. Pengurasan tangki bensin itu membutuhkan waktu yang cukup lama yakni, 1 hingga 2 jam. Dari situ, seluruh bensin akan dikuras sampai kering dan dilakukan pembersihan.

"Konsumen biasanya malas karena membutuhkan waktu yang lama. Tapi jangan sampai menunggu ada masalah baru dikuras, itu berbahaya," imbuhnya.

Selain itu, setelah tangki bensin benar-benar kosong dan kering, hal yang harus dilakukan yakni mengecek di dalam tangkinya, jika ditemukan karat atau kotoran lainnya harus segera diangkat.

"Biasanya suka ada kandungan air di dasar tangki bensin, itu harus segera dibersihkan. Karena saat pengurasan, air atau kotoran lainnya biasanya mengendap di dasar tangki," tambahnya.

Setelah tangki benar-benar kering, yang harus dilakukan yakni membersihkan screen filter. Ingat membersihkan screen filter jangan sembarangan, karena bentuknya tipis dan sensitif jadi harus hati-hati. Bersihkan secara perlahan dengan menggunakan angin.

"Percuma nanti kalau filternya ga dibersihkan, tangki bensinnya bersih tapi filternya masih kotor. Nantinya kerja fuel pump-nya tidak akan maksimal," tuturnya.

"Memang fuel pump tidak dapat dibersihkan tapi di fuel pump biasanya melekat saringan bensin. Ingat, menguras tangki bensin ini berlaku untuk semua konsumen, baik yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi maupun rendah. Sebab, kotoran pada tangki bensi pasti ada saja," tandas Ismail.

Sabtu, 16 Februari 2013

Tips Mencuci Mobil

Mencuci dan membersihkan mobil sebenarnya sangat mudah dilakukan, dan tidak memerlukan waktu yang lama. Namun mencuci mobil terlalu sering juga tidak dianjurkan karena dapat memudarkan warna cat kendaraan karena diakibatkannya terlalu banyak digosok. Tips pencucian mobil yang benar antara lain adalah: .
Langkah ke-satu. lakukan pembersihan debu-debu yang menempel terlebih dahulu dengan menggunakan bulu ayam untuk mencegah goresan saat menggunakan spon busa.
Langkah ke-dua. jika diperlukan membersihkan bagian dalam (interior) maka angkat dan keluarkan karpet-karpet pada bagian lantai interrior untuk dibersihkan, dan bersihkan terlebih dahulu seluuruh interior mobil sebelum anda mencuci bagian luar.
Langkah ke-tiga. mencuci kendaraan tidak membutuhkan air yang banyak, yang penting air yang digunakan bersih. Sebelum dicuci, siram dahulu seluruh bagian kendaraan, akan lebih mudah bila menggunakan selang dengan semprotan yang memiliki tekanan cukup keras.
Langkah ke-empat. cucilah berurutan bagian bawah terlebih dahulu (mulai dari roda / ban) sampai ke bagian atas kap.
Langkah ke-lima. selalu gunakan shampoo khusus kendaraan untuk mencegah cat menjadi kusam karena penggunaan sabun atau detergen yang menggunakan asam akan membuat cat cepat memudar.
Langkah ke-enam. menggosok mobil dengan spon atau bahan kaos dan usahakan dengan busa yang cukup untuk mencegah goresan, ratakan pada seluruh body mobil kemudian siram atau semprotkan dengan air bersih.
Langkah ke-tujuh. lap atau keringkan mobil dengan bahan kain yang dapat menyerap air (chamois) dan lakukan secara merata, untuk mencegah bekas air yang menempel.
Langkah ke-delapan. posisikan mobil ditempat yang teduh atau tidak terlalu panas, karena jika mobil terlalu lama dijemur dan tidak segera dilap maka air yang menempel, membekas dan akan cepat menjamur.
Langkah ke-sembilan. gunakan semir ban / silicon oil agar ban mobil anda terlihat hitap berkilap, gunakan juga pada bagian interior (dashboard dan bagian yang berbahan vynil ) Semoga bermanfaat

Jumat, 15 Februari 2013

Gejala dan Cara Perawatan Rem Mobil

Salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan adalah rem sebagai alat untuk mengontrol laju kendaraan. Sehingga dalam keseharian dalam berkendara perlu diperhatikan komponen yang kita sebut sebagai rem tersebut. Baik itu rem hidrolik, rem cakram, rem tromol pada mobil dan rem ABS memerlukan perawatan untuk menjaga kondisi komponen tersebut sebaagai usaha antisipasi untuk mencegah rem blong.
Gejala rem blong serta pencegahan dengan cara perawatan rem mobil perlu diperhatikan seperti rem mobil bunyi, rem mobil berbau hangus, atau rem mobil bergetar segera periksa keadaan rem mobil anda.
Berikut ini adalah gejala dan cara perawatan rem mobil yang di sadur bebas dari Kompas.com (25/03/12) sebagai berikut :

Gejala rem blong
  1. Untuk mobil yang dilengkapi dengan anti-lock brake system (ABS), bila indikatornya menyala, berarti sensor di roda tidak berfungsi dengan baik atau kampas sudah menipis. Kalau indikator rem parkir menyala, berarti terjadi kebocoran atau minyak rem habis.
  2. Ketika pedal rem diinjak dan terasa ada getaran, berbunyi berarti ada benjolan atau permukaan piringan rem tidak rata.
  3. Kalau ada bau hangus seperti minyak terbakar dari lingkar roda, pertanda terjadi kebocoran di sekitar kaliper. Untuk mengatasinya, perbaikan mesti dilakukan di bengkel resmi atau terpecaya.
Perawatan rem mobil
  1. Periksa kondisi minyak rem seminggu sekali atau ganti setiap 50.000 km. Apabila sebelum batas minimal jumlah minyak sudah habis periksa karna kemungkina berpotensi terdapat kebocoran.
  2. Periksa ketebalan kampas (pad0 rem (untuk rem cakram). Produsen umumnya merekomendasikan penggantian kampas setiap 25.000 km. Kendati demikian, kampas bisa saja lebih cepat tipis. Untuk mengetahuinya, memasukkan jari ke sela-sela kampas rem dan kaliper saat rem dingin.
  3. Untuk sepatu rem (pada rem teromol) pergantian material direkomendasikan 4 banding 1. Artinya, jika kampas rem sudah diganti 4 kali, pada peroide keempat sepatu rem juga harus diganti. Berdasarkan jarak, sepatu rem diganti setiap 100.000 km karena bebannya lebih ringan dibanding kampas.
  4. Lakukan servis besar setiap 50.000 km.
  5. Periksa lampu rem. Dengan ini, penggendara yang berada di belakang mengetahui Anda mengoperasikan rem, Penggantian warna tidak dibenarkan. Penyebabnya, warna merah paling gampang mempengaruhi psikologis untuk melakukan reflek antisipasi.
  6. Jangan sembarangan mengganti komponen rem dengan produk aftermarket dan melakukan perbaikan melalui mekanik bukan bengkel resmi. Bisa menghilangkan garansi!
Semoga beberapa tips dan cara mencegah rem blong tersebut bisa diterapkan agar menghindari kejadian fatal saat dijalan. Karena mencegah lebih baik daripada tidak mencegah sama sekali. Waspada dan selalu menjaga serta merawat kesehatan mobil merupakan bentuk dan usaha dari cara menghindari kecelakaan di jalan.

Kamis, 14 Februari 2013

Cek kaki-Kaki Dimusim Hujan, Karet Robek Bukan Hal Sepele!

Jangan terlena dengan mobil yang terbilang masih anyar. Meski secara kasatmata terlihat 'no problemo', tak pernah ada yang tahu kondisi sebenarnya di kolong mobil.

Khususnya seputaran kaki-kaki. Untuk mobil tarikan depan alias front wheel drive, harus diwaspadai bagian karet-karet macam boot karet as roda, boot karet steering rack dan karet lainnya.

Bukannya apa-apa, kalau boot karet tadi terluka bisa runyam urusannya. Karet berbentuk seperti lonceng ini sangat mungkin robek atau pecah karena usia karet yang sudah uzur atau lantaran kinerja ekstrem.

Berefek langsung ke pelumasan joint yang ada di balik karet boot. “Kalau air atau pasir menyusup kedalam karet boot yang sudah pecah bisa melukai joint as roda atau joint steering rack,” jelas Novi Feryanto, kepala bengkel Tunas Toyota Cawang, Jaktim.

Kalau dibiarkan terlalu lama, apalagi curah hujan terbilang tinggi disertai dengan genangan air, bisa merusak joint karena pelumasan menjadi tidak maksimal. Perlu diketahui, di dalam boot karet terdapat pelumas berupa gemuk khusus.
Lantaran karet boot pecah, pelumas tadi secara perlahan tapi pasti keluar dari sarangnya dan tergantikan oleh lumpur dan air kotor yang hinggap di sekitar joint.

Masih seputar kaki-kaki, ada beberapa komponen yang juga dilengkapi dengan tutup pelindung karet seperti ball-joint dan tie-rod end.

Berlaku sama, komponen penunjang kaki-kaki ini tak luput dari kerusakan seperti karet robek atau aus. Dengan simptom yang sama, ball-joint dan tie-rod end berpotensi rusak dengan luka pada bagian joint karena pasir dan lumpur yang terserok bersama dengan air saat melibas genangan air.

Usahakan mampir ke bengkel langganan untuk melakukan inspeksi pada bagian kaki-kaki mobil kesayangan. Bila terdeteksi ada robek meski sekecil apapun, segara lakukan penggantian.

Harganya tidak seberapa, berkisar antara Rp 100-300 ribu/pasang. tetapi kalau dianggap sepele bisa merusak komponen yang lebih mahal seperti as roda yang nilainya Rp 2 jutaan/perbuah.

Jangan biarkan air merusak joint alias sambungan pada bagian komponen tadi. Bila perlu, relakan untuk merogoh kocek lebih dalam untuk sering mencuci dengan air bertekanan tinggi (steam) pada bagian kolong mobil.

Rabu, 13 Februari 2013

Tips Memilih , Mengatur dan Merawat Kaca Spion Pada Mobil Anda


Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memilih kaca spion pada mobil anda, yaitu:

1. Penempatan spion mobil yang berbeda-beda membuatnya mempunyai fungsi masing-masing. 

spion mobil yang berada diluar mobil disebut sebagai door mirror atau side - view mirror. Perangkat ini berada di ujung atas pintu sehingga bermanfaat untuk melihat bagian belakang serta samping mobil.

Sudut kaca spion mobil jenis ini disarankan diatur secara  tepat sesuai dengan kemampuan penglihatan anda. Pengaturan ini bisa dilakukan secara manual atau elektrik.

-Bila diatur dengan manual,letak serta arah spion dianjurkan disesuaikan dengan sudut pandang saat anda mengemudi. Pastikan anda bisa melihat obyek di belakang dengan jelas.

-Untuk spion mobil elektrik, manfaatkanlah tombol khusus untuk menentukan arah gerak baca.

2. Jenis spion yang berada di dalam mobil disebut sebagai rear-vision mirror. Spion mobil jenis ini dibuat supaya pengendara mobil bisa melihat ke belakang mobil melalui kaca belakang.  

Oleh sebab tidak dilengkapi fitur elektrik, maka sudut baca diarahkan secara manual. beberapa jenis mobil saat ini telah dilengkapi dengan spion dalam yang dapat mereduksi sinar lampu mobil bagian belakang dengan tuas khusus atau sensor cahaya otomatis.

3. Spion mobil tambahan contohnya fender mirror yang memiliki ukuran kecil. spion mobil dengan lensa cembung ini bermanfaat pada saat parkir mobil atau saat anda melewati jalanan yang sangat sempit.

4. Adapun tips merawat spion mobil anda yaitu:

- Ketika anda memarkirkan mobil di tempat yang sempit, lipatlah spion untuk mencegah terkena benturan dengan mobil lainnya di tempat parkir tersebut.

- Lengkapi mobil anda dengan sistem pengamanan sebab spion mobil luar paling sering menjadi incaran maling atau pencuri.

- Cara merawat kaca spion mobil supaya tidak muncul karat, yaitu dengan melepaskan kaca spion mobil , lalu bersihkan rongga spion mobil dengan memakai kuas kecil supaya bersihnya maksimal, lalu keringkan dengan menggunakan kain yang lembut sebelum spion mobil anda pasang kembali.

- Bila spion mobil elektrik mengalami gangguan, coba anda periksa kabel penghubungnya atau kontak orang yang lebih ahli. 

Selasa, 12 Februari 2013

Biasakan memperhatikan spion mobil


(Istimewa)
Saat teman Anda berbicara terlalu dekat, pasti Anda merasa seperti sedang diserbu. Bayangkan kalau itu terjadi saat Anda sedang mengendarai mobil. Ketika dibuntuti mobil dengan jarak yang dekat, akan timbul perasaan khawatir terjadi sesuatu.

Membuntuti mobil lain sudah pasti sangat berbahaya. Karena waktu dan ruang reaksi Anda sempit. Untuk itu Anda harus membiasakan menciptakan suasana aman di sekeliling mobil.


Ada enam penjuru yang harus Anda waspadai, yaitu depan, kanan, kiri, belakang, atas dan bawah. Untuk menjaganya, cek kaca spion kanan, kiri serta tengah setiap 5 detik sekali untuk mengamati kondisi di samping serta di belakang. Arahkan kembali pandangan ke depan. Gerakkan mata dari objek satu ke objek lain setiap satu detik.

Memberi jarak dengan mobil lain juga perlu dilakukan untuk menciptakan ruang aman setiap saat. Dengan jarak yang cukup renggang, Anda akan punya waktu untuk bereaksi sehingga mengurangi potensi kecelakaan.

Apabila Anda berada di jalanan yang tidak ada rambu lalu lintas, sebaiknya beri jarak 3-8 detik dari kendaraan depan Anda. Sementara apabila Anda berada di jalan bebas hambatan, rambu mata kucing berjarak 50 meter (tol luar kota) dan 25 meter (tol dalam kota) dapat dimanfaatkan sebagai pengatur jarak.

Biasakan melihat spion tengah untuk melihat keadaan di belakang sebelum melakukan pengereman. Ini untuk mengantisipasi agar mobil Anda tidak diseruduk dari belakang, seperti kasus kecelakaan BMW X5 Rasyid.

Apabila mobil Anda sedang berada dalam kecepatan 50 km/h, lakukan double braking. Sementara untuk kecepatan di atas 80 km/h, lakukan kuartet braking. Beri kesempatan mobil di belakang untuk mendahului jika jaraknya terlalu dekat.

Antisipasi juga bagian bawah mobil. Ketika melewati jalan berlubang, usahakan hanya sebagian ban saja yang masuk. Sebagian lagi tetap menapak di aspal. Begitupun saat melintasi polisi tidur, lintasi dalam keadaan miring, biarkan satu per satu ban melewati halangan ini.

Untuk mengurangi risiko kejatuhan sesuatu dari mobil bermuatan barang yang tinggi, beri jarak lebih jauh agar Anda siap menghindar. Dahului apabila memungkinkan. Terakhir, jangan parkir di bawah pohon yang tengah berbuah lebat. Kejatuhan buah tidak hanya membuat mobil penyok, tapi bisa meninggalkan noda akibat getah yang menempel.

Senin, 11 Februari 2013

Cara Merawat Lampu Depan Mobil

Lampu Depan mobil kurang terang. Tentu hal itu sangat mengganggu di saat mengemudi. Akibatnya, dibutuhkan kosentrasi tinggi, dan hasilnya bikin fisik cepat lelah. Kondisi ini sangat berbahaya jika menempuh perjalanan jarak jauh. Berikut Tips Bikin Lampu Depan Mobil Jadi terang dan anti jamur
Berkurangnya sinar lampu utama bisa disebabkan kaca bagian dalam kotor. Kompas.com pun pernah mengulas cara membersihkannya di rubrik Tips n Trik. Sekarang, bagian luar lampu yang kurang bersih akibat tertutup jamur membuat intensitas cahaya menurun.
Nah, komunitas Notice Bandung punya trik untuk mengusir jamur dari batok lampu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Sedia bahan pengikis jamur terdiri dari ampelas nomor 1.000, kompon, air bersih, dan lap.
Basahi ampelas, lalu gosokkan dengan gerakan memutar pada bagian lampu yang berjamur. Ingat, jangan terlalu ditekan. Saat menggosok dibarengi siraman air agar gerakan mengampelas jadi lebih ringan.
Selesai diampelas, siram dengan air sampai permukaan kaca bersih dari ampas.
Lanjutkan dengan pemolesan menggunakan kompon untuk menghilangkan goresan halus akibat ampelas.