Selasa, 22 Januari 2013

Tips Merawat Mobil yang Murah


Merawat penampilan dan kesegaran mobil enggak selalu mahal atau merepotkan. Beberapa bagian penting seperti menjaga kemulusan bodi atau kesegaran kabin, bisa dilakukan sendiri  pas weekend.

Bahan yang dibutuhkan untuk perawatan tubuh mobil ini pun murah dan gampang didapat. Bahannya bisa diperoleh dari meja dapur bahkan meja rias!

MINYAK TANAH & KAYU PUTIH

Bodi mulus mobil Anda berbintik-bintik seperti tahi lalat? Itu akibat cipratan aspal jalan raya. Karena panas jadi menempel di permukaan bodi atau cat. Buat kinclongin lagi cuma perlu minyak tanah.

“Paling cepat buat bersihin aspal yang menempel di bodi. Enggak berbahaya buat permukaan cat atau bodi. Dilap saja pakai kain yang halus agar enggak bikin goresan,” saran Aldi Antonius dari SAS Bodyworks, spesialis cat dan bodi di Mampang, Jaksel.

Satu lagi, minyak kayu putih juga manjur untuk menjaga kemulusan bodi mobil. Obat gosok ini bisa membersihkan sisa-sisa lem bekas tempelan stiker. “Tapi jangan dipakai di bagian dari plastik. Plastiknya bisa jadi lembek. Misalnya bentuk aslinya gembung jadi rata. Dan ini permanen, enggak bisa balik lagi,” lanjut Aldi.
KOPI, PANDAN, JERUK
Ketiga bahan di atas dikenal punya aroma kuat. Bukan hanya sedap buat diseduh, kopi juga sedap buat kabin mobil. Bawaan beraroma tajam seperti durian biasanya meninggalkan jejak bau sampai berhari-hari. Untuk menetralkan cukup letakkan bubuk kopi dalam kabin, tutup rapat semalaman.

Resep ini juga manjur untuk bau apek karena mobil lama diparkir atau lembab. Setelah bau netral, segarkan lagi dengan aroma alami seperti daun pandan, daun atau kulit buah jeruk. Taruh selama beberapa hari di sekitar konsol atau kolong jok, buang setelah mengering. Baunya segar dan alami, yang berhidung sensitif pun biasanya enggak bermasalah dengan aroma segar buah-buahan ini. 


TIMUN

Sayuran yang satu enggak cuma segar buat lalapan, tapi juga buat kabin mobil. Terutama sehabis mengangkut ikan atau terkena ‘musibah’ tumpahan makanan beraroma amis di bagian jok atau karpet. Kadang dengan sabun atau pembersih saja masih kurang cukup.

Obat paling manjur ternyata ada di kulkas, timun. “Timun diblender sampai halus seperti jus. Campurkan dengan sabun atau shampo yang digunakan untuk mencuci bagian yang kotor,” saran Antonius, pemilik salon mobil AAS di  Kebon Jeruk, Jakbar.


BEDAK

Bagian mobil yang dikrom memang eye catching tapi juga sensitif. Apalagi di tengah cuaca yang tidak menentu, panas dan hujan seperti sekarang ini. Bekas tetesan atau aliran air yang keburu kering sebelum dicuci, biasanya meninggalkan bekas permanen. Permukaan krom jadi berbercak-bercak atau belang, bahkan setelah dicuci. Biasanya muncul di gril, pelek, spion atau lis lampu.

Untuk bikin kinclong lagi, cukup gunakan bedak. Berfungsi seperti scrub yang melicinkan dan menghilangkan bercak-bercak di permukaan krom. “Gosokkan bedak dengan lap halus, trus lap lagi dengan kain kering. Mengilap lagi deh,” tutup Aldi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar