Sabtu, 22 Desember 2012

Muba Bakal Bangun Pembangkit Listrik 300 MW

wabup.jpg
SRIPOKU.COM/SUTRISMAN DINAH
Wabup Muba Beni Hernedi saat bertatap muka dengan masyarakat Kabupaten Muba.
SRIPOKU.COM, TUNGKALJAYA - Kabupaten Musi Banyuasin berencana membangun pembangkit listrik berkekuatan 2 x 150 Mega Watt atau setara 300 MW.

Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, Jumat (21/12/2012) di Desa Sumberwangi --desak eks-transmigrasi Blok A-1, Kecamatan Tungkaljaya, Muba. 

Wakil Bupati yang bermalam bersama Walikota Palembang Eddy Santana Putra, di rumah warga desa tersebut, mengajak seluruh warga  melakukan perubahan.

"Mari kita melakukan (perubahan) bersama-sama. Memilih pemimpin (bupati dan gubernur) tidak boleh ada yang memaksa. Kita memilih tidak boleh dipaksa dan diiming-imingi janji. Apalagi membohongi rakyat," kata Beni Hernedi.

"Untuk itu, masyarakat harus cerdas memilih calon pemimpinnya," katanya.

Menurut Beni, lebih dari 90 persen jaringan listrik sudah terpasang sampai ke desa-desa. Namun, jaringan itu tidak didukung kemampuan Perusahaan Listrik Negara (PLN) melayani sampai ke pedesaan. 

"Ada kabar gembira, tanggal 4 Desember 2013 yang lalu, sudah ditanda-tangani nota kesepahaman MoU," kata Beni. 

Dikatakan, investor dari Cina akan menanamkan modal sekitar Rp 6 triliun untuk membangun pembangkit (power-plant) tenaga uap berkekuatan 2 x 150 MW.

Pembangkit listrik di Muba ini, akan memanfaat potensi alam bahan bakar batubara. Sehingga biaya produksi setiap kilowatt (Kw) relatif lebih murah.

"Keuntungannya, kita sudah membangun infrastruktur jaringan sampai ke desa-desa," ujar Beni di hadapan Eddy Santana.

Saat ini, Kabupaten Muba telah memiliki pembangkit PLTU Talangduku, Kecamatan Lais. Namu kapasitasnya kurang dari 100 MW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar