Jumat, 08 Maret 2013

Hati-Hati Memilih Velg

Bagi sebagian orang, velg bisa menjadi ajang untuk memamerkan aksesories yang anda pasang pada mobil anda. Anda bisa memilih velg berdasarkan selera anda, mulai dari velg mewah seharga puluhan juta rupian atau anda bisa menyesuaikannya dengan style mobil anda. Dalam memilih velg yang tepat bagi mobil anda, anda tidak perlu terburu-buru untuk menentukan. Jangan mudah tergiur dengan model velg terbaru atau dengan design yang anda sukai. Desain yangg bagus belum tentu cocok dengan mobil anda. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih velg untuk mobil anda. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk memilih velg yang tepat bagi mobil anda.

1.       Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah mengenai spesifikasi velg. Setiap velg memiliki ukuran PCD yang berbeda-beda. Ukuran PCD ini dapat bervariasii dan ditentukan oleh jarak lubang baut satu dengan lubang baut lainnya. Slain PCD, anda juga perlu memperhatikan ukuran offset pada velg. Ukuran offset sangat penting untuk diperhaikan karena jika ukuran offset pada velg mobil anda tidak sama dengan permukaan mounting pada mobil anda, velg anda akan bersinggungan dan akan menimbulkan ketidaknyamanan anda dalam berkendara. Selain itu, anda juga harsu memperhatikan diameter velg. Pastikan ukurannya tepat sama dengan kapasitas velg yang dimiliki mobil anda. Jangan terburu-buru unruk membeli velg. Anda bisa mengukur semua hal tersbut sebelum memutuskan untuk membeli. 
2.       Bagian lain dari velg yang perlu juga untuk anda perhatikan adalah mengenai material velg. Velg yang biasa dijual di supermarket atau di bengkel-bengkel pinggir jalan biasanya memiliki jenis logam yang ringan. Namun, tak jarang juga ditemukan jenis logan yang cukup berkualitas dan sangat layak untuk meobil anda. Anda bisa menentukan sendiri jenis material apa yang paling tepat untuk mobil anda. Jika anda memiliki gadget yaang cukup, anda bisa membeli velg dengan material terbuat dari baja yang berat dan berkualitas tinggi, tapai jika anda mengingkan material velg yang ringan, anda bisa membeli velg dengan material ringan seperti billet steel, forged alloy, atau velg dari material magnesium.
 3.       Satu hal yang mungkin menjadi daya tarik para pemiliki mobil untuk membeli velg adalah mengenai desainnya. Banyak orang yang jatuh hati terhadap desain suatu velg tertentu dan memaksa untuk membeli desin ini, meskipun belum tentu cocok dengan spesifikasi velg yang dimiliki obil anda. Anda sebenarnya bisa mengatasinya dengan memesan spesifikasi velg yang diisesuakan dengan mobil anda tetapi tetap mempertahankan desain velg yang anda suka. Namun, hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang lebih tiinggi.
 
Sebelum anda memutuskan untuk membeli velg, anda sebaiknya mempertimbangkannya dengan matang agar anda tidak menyesalinya di kemudian hari. Pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang mekanik atau peemiliki toko velg agar anda dapat memperoleh velg yang paling tepat untuk mobil anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar