Sabtu, 30 Maret 2013

Mengapa Ada Air AC Menetes di Kabin

Normalnya pada saat AC mobil sedang bekerja, alat yang bernama Evaporator sangat dingin hingga berembun, Hasil dari kondensasi tsb akan menghasilkan air dan menggenangi Box Evaporator.
Normalnya air tersebut akan terbuang melalui selang air pembuangan yang ada di box evaporator. Tetapi jika selang pembuangan air tersumbat dan tidak lancar maka kotak evaporator akan dipenuhi air. Akibatnya permukaan luar rumah evaporator mengeluarkan embun yang berlebihan dan terkumpul menjadi titik air yang menetes dan membasahi interior kabin mobil.

Penyebab tersumbatnya adalah :
  • Evaporator kotor dan berlendir jadi pemicu utamanya, lendir tersebut akan melumer dan turun ke box blower, lalu menyumbat selang pembuangan.
  • Kotoran atau daun kering yang terhisap blower melalui jendela sirkulasi luar (kasus ini jika mobil tsb tidak dilengkapi cabin filter)

Solusi darurat untuk masalah ini :
Siapkan sumpit atau sejenisnya untuk menusuk selang pembuangan dari depan, namun hati2 jangan menekan terlalu kencang, karena posisi selang pembuangan tsb tidak jauh dari evap, khawatir jika terlalu agresif malah menusuk evap menjadi rusak / bocor. Dengan cara ini diharapkan kotoran sedikit banyak akan keluar dan membuat air dari hasil kondensasi dapat terbuang melalui lubang pembuangan.
Namun cara ini hanya bersifat sementara, selama evaporator masih kotor, kotoran tsb akan membuat mampet lubang pembuangan lagi. Jadi solusi yang paling ampuh jika terjadi hal seperti ini, silahkan bawa ke BENGKEL AC MOBIL untuk melakukan perawatan rutin AC mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar