Selasa, 30 Juli 2013

Pabrik Baru Suzuki di Indonesia Telan Rp10,5 Triliun

detail berita 
Suzuki Motor berencana melakukan investasi dengan total angka mencapai 100 miliar yen di Indonesia (Rp10,5 triliun). Investasi ini sebagai langkah maju Suzuki guna meningkatkan dominasi di Asia.

Angka 100 juta yen ini akan dikucurkan dalam dua tahap. Pertama, Suzuki akan menggelontorkan dana 60 miliar yen (USD610 juta) untuk membangun pabrik perakitan baru di Indonesia, seperti dikabarkan harian Nikkei.

Lalu, 40 miliar yen sisanya, akan digunakan untuk membangun pabrik mesin baru di luar Ibukota Indonesia, Jakarta. Suzuki sendiri sudah mengumumkan kabar ini pada tahun lalu, dan akan segera direalisasikan.

Dengan investasi tosal 100 milyar yen, Suzuki berencana untuk membuat sistem yang komprehensif untuk memproduksi kendaraan penumpang yang ringan, dengan mesin hemat bahan bakar sebagai versi produksi terbaru mereka.

Diharapkan mulai 2014 mendatang, Suzuki mampu meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia dari 150.000 unit mobil per tahun, menjadi 200.000 unit mobil setiap tahunnya. Ini dimaksudkan untuk ekspansi yang lebih besar di Indonesia dan Asia.

Produsen mobil asal Jepang itu terus memperluas kehadirannyaa di Asia Tenggara, yang telah menjadi pasar utama karena kelas menengah yang sedang tumbuh. Selain itu keuntungan lainnya adalah sumber tenaga kerja murah.

Suzuki telah memiliki wilayah operasi yang luas di Asia dan berada di luar Jepang. Mampu memproduksi lebih setengah dari total produksi kendaraan Suzuki pada tahun fiskal Maret 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar