Sabtu, 13 April 2013

5 Tips Mengendarai Mobil di Jalan Licin

Baik di jalan licin ataupun tidak, mengendarai mobil tentu saja harus selalu hati-hati dan waspada. Namun kehati-hatian tersebut harus lebih ditingkatkan lagi jika kita mengendarai kendaraan di jalanan yang licin, apalagi jika mobil yang kita pakai adalah mobil sewaan.
Jika terkena hujan, maka jalanan biasanya akan terasa lebih licin dan kita pun dituntut untuk ekstra fokus saat mengendarai mobil. Berikut ini kami share beberapa tips berkendara saat musim hujan atau saat jalanan licin.
1. Periksa semua lampu kendaraan sebelum jalan
Hal ini tentunya sangat penting sekali, karena jarak pandang ketika hujan sangatlah sedikit. Pastikan  lampu sein dapat berfungsi dengan baik, selain itu nyalakanlah lampu utama walaupun di siang hari.
2. Cek kondisi ban depan dan belakang
Jika ban sudah gundul, segera ganti karena jalanan licin sangat berbahaya.
Periksa juga tekanan udara ban dan kedalaman alur ban. Pengecekan dimaksudkan agar kendaraan tidak tergelincir saat digunakan.
3. Periksa kondisi stir.
Selain stir, Anda juga wajib memeriksa kondisi pedal rem, gas, maupun kopling. Saat hujan atau jalanan licin biasanya kita sering mengerem mobil secara mendadak, maka perhatikanlah kondisi rem dan kanvas remnya.
4. Alas kaki
Gunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara .
5. Kendalikan dan atur batas kecepatan
Saat berkendara di jalan yang licin, kurangilah kecepatan Anda. sebaiknya tetap berkendara dalam kecepatan sedang sehingga alur ban dapat maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar