Kamis, 18 April 2013

Mobil Anda Jadi Sarang Semut? Ini Solusinya!

Pernah melihat semut mondar mandir di kabin atau di bodi mobil anda? Kalau hanya satu mungkin tidak berarti apa-apa, tapi bayangkan kalau semut sudah bersarang dan ada ratusan semut yang hidup di mobil anda. Pastinya menjengkelkan. Sebelum menuduh dan menunjuk apa penyebabnya, ada baiknya ada mengingat-ingat lebih dahulu, pernahkah anda menumpahkan makanan atau minuman di dalam mobil? Atau mungkin anda pernah parkir di bawah pohon yang banyak semutnya? Nah, izinkan saya berbagi tentang pengalaman pribadi saya membasmi semut yang bersarang di mobil.
Agak sulit untuk mengira-ngira dan menebak-nebak di mana para semut bersarang dan pastinya melelahkan jika anda harus melongok ke satu per satu bagian mobil anda, lebih baik anda pancing saja supaya mereka keluar dari sarangnya dan ketika mereka mulai keluar, anda akan tahu di mana mereka bersarang. Caranya? Mudah. Siapkan satu sendok teh gula pasir, tuang ke secarik kertas, lalu letakkan kertas tersebut ke bagian di mana anda sering melihat semut berlalu lalang. Bisa di kabin, bisa pula di eksterior mobil.
Bila semut memang sudah bersarang di dalam mobil, tak butuh waktu lama, dalam 10 menit semut akan keluar satu per satu dan mengambil gula yang anda letakkan. Perhatikan baik-baik, dari mana mereka keluar. Ketika sudah ditemukan sarangnya, anda bisa gunakan obat-obatan seperti kapur ajaib anti semut yang sudah anda haluskan sebelumnya. Taburkan bubuk kapur ajaib tadi dan perlahan semut akan mati.
Atau bila memang sudah parah, anda bisa gunakan obat semprot pembasmi serangga. Tapi ingat, obat pembasmi serangga punya efek buruk pada pernafasan manusia, sebaiknya buka kaca dan pintu mobil selama beberapa waktu setelah anda menyemprotkan obat ini. Sebelumnya perhatikan pula ke bagian mana anda harus menyemprot, karena ada beberapa bagian interior mobil yang tentunya sensitif dengan bahan-bahan kimia dan dapat saja mengalami perubahan bentuk serta warna. Untuk mengantisipasinya, anda bisa tutupi bagian-bagian tersebut dengan lembaran plastik ataupun kertas koran.
Masih ada satu lagi pilihan alternatif, anda bisa kunjungi toko yang menjual tanaman dan pupuk dan belilah obat khusus pembasmi semut. Cara kerja obat ini adalah cukup taburkan dan nanti semut akan membawanya sebagai makanan ke dalam sarangnya. Tak lama setelah mereka memakan obat ini, mereka akan mati dengan sendirinya dan karena mereka membawanya ke dalam sarang, anda tak perlu repot mencari-cari dan membasmi sampai ke dalam sarangnya, karena seluruh penghuni sarang yang memakan obat ini juga akan mati.
Jika mobil sudah bersih dari semut, segera bersihkan bagian dalam dan luar mobil anda. Pastikan di kabin tidak ada sisa makanan atau minuman yang tumpah. Biasakan menjaga kebersihan mobil dan berhati-hatilah memilih tempat parkir. Ketika ingin parkir dan menemukan tempat yang banyak semut, sebaiknya jangan parkir di tempat itu. Oh ya, jika anda sudah merasa tak mampu menangani permasalahan semut di dalam mobil, anda bisa pergi ke salon mobil dan biarkan mereka bekerja untuk membersihkan mobil anda, tentunya dengan biaya yang sedikit lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar