Kamis, 04 April 2013

Tips Menghindari Kejahatan di Jalanan

 
Saat ini modus kejahatan yang mengincar pengendara mobil makin berkembang. Dulu penodongan dengan kapak di perempatan jalan dan penggunaan ranjau paku sudah sering kita dengar. Tapi kini makin banyak ditemui cara-cara baru dari pelaku kejahatan di jalan. Seperti apa saja modusnya? Ayo kita simak.
Memberitahu Ban Mobil Kempes. Cara yang satu ini akan terlihat sungguh-sungguh bila anda belum pernah mengalaminya atau mungkin sedang dalam keadaan tidak fokus. Pelaku umumnya berkendara dengan sepeda motor dan ketika berada di sisi mobil anda, mereka akan menunjuk ban mobil yang anda kendarai dan mengatakan kalau ban anda kempes. Supaya terlihat meyakinkan, mereka biasanya berombongan dan motor berikutnya akan muncul hanya selang beberapa menit dari motor pertama untuk memberitahukan hal yang sama kepada anda. Bila ini terjadi, cukup abaikan saja. Yang mereka inginkan adalah, anda berhenti dan turun untuk memeriksa ban. Saat anda turun mereka akan dengan cepat membuka pintu mobil anda dan mengambil barang berharga yang ada lalu melarikan diri.
Berjualan Pakaian di Tengah Kemacetan. Trik ini sepertinya masih agak asing, tapi sudah pernah memakan korban. Pelaku menawarkan pakaian dengan harga murah dengan cara yang sangat ramah dan ketika transaksi sudah terjadi, tak lama kemudian mereka akan berpindah ke sisi pintu kiri mobil anda, mengetuk-ngetuk kaca dan mengatakan kalau pakaian yang anda beli barusan cacat dan mereka akan menukarnya dengan yang lain. Saat anda membuka pintu kiri atau kaca kiri, mereka akan memberikan pakaian yang baru dan dengan cepat pula mengambil ponsel atau barang berharga apapun yang anda letakkan di jok atau di dasbor tanpa sempat anda sadari.

Menerobos Masuk ke Mobil. Saat ini mobil kebanyakan sudah dilengkapi dengan central lock dan akan langsung mengunci ketika mesin dinyalakan atau saat pedal rem diinjak. Tapi dengan adanya semua teknologi baru itu, bukan berarti anda boleh abai mengecek kunci pintu. Pelaku biasanya sendirian atau berdua, berjalan di tengah kemacetan dan mencoba membuka pintu mobil dari satu mobil ke mobil lainnya. Apabila anda lupa mengunci pintu, mereka akan segera masuk dan menodong anda untuk menyerahkan barang berharga. Jadi jangan pernah lupa mengunci pintu mobil.
Memaksa atau Meminta Barang Berharga di Tengah Kemacetan. Untuk yang satu ini, memang terdengar agak mengerikan bahkan terkesan nekat, karena pelaku selalu bergerombol dan jumlahnya bisa mencapai 10 orang. Saat anda terjebak kemacetan, mereka tidak segan-segan menggedor kaca mobil dan langsung menunjuk barang berharga yang terlihat seperti ponsel, dompet atau tas. Bila berada dalam situasi ini, sebaiknya jangan membuka kaca dan tetap kunci pintu mobil anda.
Menabrak atau Menyerempet Mobil. Modus ini biasanya dilakukan oleh perampok mobil, umumnya terjadi malam hari di jalan yang relatif sepi. Mereka akan dengan sengaja menabrak atau menyerempet mobil anda dengan pelan, supaya anda turun dari mobil. Setelah anda turun, mereka akan dengan segera menodong anda dan meminta anda untuk menyerahkan mobil. Jadi waspadalah bila anda ditabrak atau diserempet seseorang di malam hari. Lebih baik terus berjalan dan bila ingin memeriksa kerusakan sebaiknya lakukan di kantor polisi terdekat.
Lima model kejahatan tadi memang belum mewakili semua yang ada, tapi setidaknya sering terjadi dan kebanyakan mengincar pengendara yang mengemudi sendirian. Ada baiknya anda mencegah dan tidak menarik perhatian ketika sedang berkendara. Paling tidak jangan tempatkan barang berharga seperti tas, dompet, ponsel ataupun komputer di tempat yang mudah terlihat seperti jok mobil ataupun dasbor, jangan lupa untuk selalu mengunci pintu mobil dan selalu berada dalam keadaan fokus dan waspada ketika berkendara. Salam aman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar